Manfaat Madu

Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan. Madu sudah digunakan oleh nenek moyang sebagai obat sejak ribuan tahun. Madu adalah cairan gula yang dihasilkan dari lebah yang berbentuk kental yang kaya nutrisi karena dikumpulkan lebah pekerja dari nektar bunga. Diantara manfaat madu yang diambil ringkas dari dinkes.kukarkab.go.id

1. Kaya nutrisi

Dalam satu sendok makan madu atau 21 gram madu mengandung 64 kalori, 17 gula yang termasuk di dalamnya adalah glukosa, fruktosa, maltosa, dan sukrosa.

 

2. Antioksidan

Sumber antioksidan. Madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting. Ini termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Antioksidan dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

 

3. Pengganti gula bagi penderita diabetes

Meski sama-sama manis, madu berbeda dengan gula pasir atau pemanis lainnya. Dalam kadar tertentu, konsumsi madu tidak berefek pada kadar gula darah.

 

4. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung, di mana madu dapat membantu menurunkannya. Ini karena madu mengandung senyawa antioksidan yang telah dikaitkan dengan tekanan darah rendah.

 

5. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol jahat yang tinggi merupakan faktor risiko penyebab penyakit jantung. Jenis kolesterol ini menjadi pemicu aterosklerosis, yakni penumpukan lemak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat.

 

6. Menurunkan trigliserida

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan oleh organ hati yang bersumber dari makanan seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega. Trigliserida yang tinggi diduga dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah, sehingga berisiko terjadi stroke dan serangan jantung. Dalam beberapa penelitian terungkap kalau madu membantu mengurangi kadar tringliserida di dalam tubuh antara 11% sampai 19%.

7. Kesehatan jantung

Madu adalah sumber yang kaya akan fenol dan senyawa antioksidan lainnya. Fenol adalah senyawa yang membantu tubuh dalam penurunan risiko penyakit jantung. Fenol bekerja dengan membantu arteri di jatung membesar sehingga aliran darah tetap lancar.

 

8. Obat luka

Manfaat madu berikutnya yakni sebagai obat luka bakar. Hal ini sudah dilakukan oleh masyarakat Mesir kuno. Madu juga digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk kelainan kaki pada penderita, sebuah komplikasi serius yang dapat menyebabkan amputasi.

 

9. Meredakan batuk

Batuk merupakan masalah umum, terutama pada anak-anak karena masalah infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi ini dapat memengaruhi tidur dan kualitas hidup. Namun, pengobatan umum dengan obat batuk tidak selalu efektif dan dapat memiliki efek samping. Menariknya, madu bisa menjadi pilihan yang lebih baik, dan bukti menunjukkan manfaat madu untuk pereda batuk tak memiliki efek samping.

 

10. Sumber kalori

Madu adalah alternatif gula yang lezat dan lebih sehat. Manfaat madu untuk kesehatan paling menonjol saat menggantikan pemanis lain yang tidak sehat

Leave a Comment

Your email address will not be published.